RSS FeedBerlangganan RSS feed SiswaIndo Follow Us on Twitter!Follow Us on Twitter!

Siapakah Bill Gates?


Bill Gates merupakan nama yang paling dikenal orang meskipun bukan nama sebenarnya. Ia memiliki nama asli William Howard Gates III lahir pada 28 Oktober (sumpah pemuda euy) 1955 di Seattle, Washington. Dia dikenal dengan baik sebagai pendiri raksasa perangkat lunak Microsoft™ Corporation, sebuah perusahaan yang ia dirikan bersama rekannya Paul Allen tahun 1979. Keberhasilan besar dari Microsoft membuat kekayaannya berlimpah, dan mendapat gelar "Orang terkaya di dunia" sejak 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga. Pada tahun 2007, kekayaan Bill Gates diperkirakan sebesar $59 miliar dolar AS (USD).
Bill Gates lahir dalam keluarga yang mampu di Seattle, Washington, dari pasangan William H. Gates, Sr. dan Mary Maxwell Gates yang merupakan keturunan bangsa Inggris, Jerman, dan Skot-Irlandia. Keluarganya termasuk masyarakat menengah ke atas; ayahnya adalah pengacara ternama, ibunya menjabat sebagai anggota dewan direktur First Interstate Banc System dan United Way, dan ayahnya, J. W. Maxwell, adalah presiden bank nasional. Gates memiliki dua saudara kandung, Kristianne dan Libby. Selama bersekolah, Gates unggul dalam Matematika dan Sains, dan terdaftar di Lakeside School, sebuah sekolah persiapan eksklusif. Pada awal kehidupannya, orang tua Gates mengharapkan ia berkarir di bidang hukum

Di Lakeside, Bill Gates muda pertama kali mengenal komputer berbentuk Teletype, terminal jaringan ke server jauh. Penggunaan blok Teletype memerlukan waktu pembelian dari server. Gates dan teman-temannya di Lakeside sempat dilarang oleh administrator setelah mengetahui bahwa anak-anak itu memanfaatkan bug (cacat) dalam sistem untuk mendapatkan waktu luang mengoperasikan Teletype.
Gates dengan cepat mengembangkan potensi dalam sistem operasi komputer, source code dan bahasa komputer, termasuk BASIC, FORTRAN, LISP dan COBOL. Dia dan Allen dengan cepat mendapatkan pekerjaan mencari (bug) cacat sistem yang ada pada suatu perusahaan dan menulis program perbaikan. Pada usia 14 tahun, Gates mendirikan perusahaan dengan Allen dan menghasilkan $20.000 USD pada tahun pertama.
Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973. Ia memperoleh nilai 1590 dari total 1600 pada ujian SAT dan berkuliah di Harvard College pada musim gugur 1973. Di Harvard, ia bertemu dengan Steve Ballmer, yang kelak menggantikan Gates sebagai CEO Microsoft.
Mengikuti harapan orang tuanya untuk berkarir di bidang hukum, Bill Gates terdaftar di Harvard College pada tahun 1973, tetapi dunia memiliki rencana yang berbeda untuk sang Maestro Perangkat Lunak masa depan. Hanya bertahan 2 tahun di bangku kuliah, Bill Gates mengambil cuti untuk bekerja dengan Allen menulis sebuah Sistem Operasi (OS) yang merupakan saat ini dianggap sebagai cikal-bakal komputer pribadi, Altair 8800. Kedua pemuda itu pada awalnya menamai kemitraan mereka dengan “Micro-Soft” kemudian diperpendek menjadi "Microsoft" yang didaftarkan sebagai merek dagang pada bulan November 1976. Gates tidak pernah kembali ke Harvard untuk menyelesaikan studinya.
Gates kemudian menemukan bahwa salinan pra-pasar Sstem Operasi (OS) Altair yang mereka tulis telah bocor ke masyarakat dan terus disalin dan didistribusikan secara luas di antara programer, mendorong Gates menulis surat terbuka pada Februari 1976. Dalam suratnya Gates menyampaikan keberatan dengan orang-orang yang menggunakan OS-nya tanpa melakukan pembayaran, menekankan waktu dan usaha yang telah mereka berikan untuk pemrograman dan ketidakmampuan untuk menyediakan perangkat lunak berkualitas tanpa kompensasi yang adil.
Empat tahun kemudian pada tahun 1980, IBM mendekati Gates untuk menyediakan OS komputer pribadi masa depan. Gates menyarankan 86-DOS (QDOS), sebuah sistem operasi yang ditulis oleh Tim Patterson dari Seattle Computer Products (SCP) sama seperti PC. Microsoft membuat persetujuan dengan SCP untuk menjadi agen lisensi eksekutif, dan kemudian pemilik mutlak 86-DOS. Setelah mengadaptasi sistem operasi untuk PC, Microsoft mengirimkannya ke IBM dalam bentuk PC-DOS dengan imbalan bayaran $50.000. Gates tidak menawarkan pemindahan hak cipta sistem operasi ini, karena ia yakin produsen perangkat lunak lain akan meniru sistem IBM. Mereka benar, dan penjualan MS-DOS menjadikan Microsoft pemain utama dalam industri komputer.
Jika MS-DOS membuka pintu untuk status legendaris Bill Gates di dunia komputer, sistem operasi Windows™ yang membuatnya benar-benar menjadi legenda. Sementara MS-DOS adalah berbasis perintah OS teks-baris, sedangkan Windows merevolusi dunia komputer pribadi, memberikan kemudahan grafis, titik-dan-klik antarmuka yang membuat komputer dapat diakses oleh semua orang. Mulai boominglah penggunaan komputer dari sebuah komunitas yang relatif kecil menjadi untuk masyarakat umum dan usaha besar maupun kecil.
Pada tahun 1994 Bill Gates menikah dengan Melinda Ann, karyawan Microsoft Prancis. Mereka memiliki tiga anak: Jennifer (1996), Rory (1999) dan Phoebe (2002). Gates telah menerima gelar doktor kehormatan dari universitas di Belanda, Swedia, Tokyo dan Harvard. Pada tahun 2000 ia dan Melinda mendirikan Bill dan Melinda Gates Foundation, menyumbangkan miliaran dolar untuk meningkatkan perawatan kesehatan global, memerangi AIDS, meningkatkan kesempatan memperoleh pendidikan yang layak dan memberikan beasiswa. Gates juga menerima ksatria kehormatan dari Ratu Elizabeth II pada tahun 2005, dan diberi nama salah satu orang paling berpengaruh di abad ke-20 oleh majalah Time.

Bila tidak keberatan mohon teman-teman menuliskan kritik, komentar, saran atau pertanyaan melalui: kolom komentar di bawah, , atau melalui untuk respons lebih cepat. terima kasih kawan :)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Labels: , , ,

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop