Kepemimpinan Bill Gates


      Bill Gates sangat terkenal sebagai pendiri dan pengelola utama Perusahaan raksasa. Microsoft Corporation. Akan sangat wajar bila sosok selegendaris beliau tidak hanya disambut hangat oleh banyak kalangan tetapi juga diingat sebagai orang yang memiliki gaya khas dalam memimpin. Berikut beberapa kutipan yang pernah diungkapkan di beberapa media tentang kepemimpinan Bill Gates.
      Sejak Microsoft berdiri tahun 1975 hingga 2006, Gates mempunyai tanggung jawab besar terhadap strategi produk perusahaan. Ia secara agresif memperluas jajaran produk perusahaan, dan ketika Microsoft berhasil mendominasi pasar ia mempertahankannya sekuat tenaga dan sayangnya ia mendapat reputasi sebagai "orang yang suka menghindar"
      Pada awal 1981 seorang eksekutif industri mengeluh kepada masyarakat bahwa "Gates terkenal karena tidak bisa dihubungi melalui telepon dan tidak membalas panggilan telepon."
      Sebagai seorang eksekutif, Gates secara rutin bertemu dengan manajer senior dan manajer program Microsoft. Beberapa pengakuan langsung dari rapat ini menyebutkan Gates sebagai orang yang menyerang dengan kata-kata, memarahi manajer karena mengetahui ada lubang ada strategi bisnis atau proposal mereka yang menempatkan rencana jangka panjang perusahaan di ujung tanduk. Ia sering memotong presentasi dengan komentar seperti, "Itu hal terbodoh yang pernah aku dengar!"dan, "Lebih baik kamu mengembalikan opsimu dan bergabung dengan Korps Perdamaian." Target kemarahannya adalah mempertahankan proposal serinci-rincinya hingga Gates yakin sepenuhnya. Ketika bawahannya terlihat menunda-nunda pekerjaannya, Gates juga dikenal akan mengutarakan kata-kata kasar seperti, "Biar aku saja yang mengerjakannya akhir minggu nanti."
       Terlepas dari komentar negatif tentang Bill Gates dalam memimpin, mereka juga banyak menghargai beliau atas kepemimpinannya yang mampu terus mengembangkan dan merpertahankan Microsoft sebagai Perusahaan pencetus Teknologi Masa Depan.

Thanks to: Wiki