15 Aplikasi Terbaik Untuk Android Akhir Tahun 2011

Berikut disajikan 15 aplikasi terbaik (bukan paling sering didownload) untuk Android Anda:

1.      Google Voice
Google Voice memberikan sebuah nomor baru yang dapat digunakan untuk mengakses semua voicemail dan pesan singkat melalui Web. Aplikasi ini pada Android juga memungkinkan Anda melakukan panggilan keluar di mana nomor yang muncul di penerima adalah nomor Google Voice Anda jadi nomor Anda tetap terjaga.

2.      My Backup Pro

My Backup Pro adalah salah satu aplikasi yang diharapkan tidak akan Anda gunakan, tapi bila memang diperlukan, ia dapat menjalankan tugas dengan baik. Menggunakan aplikasi ini Anda dapat melakukan Back up segala aplikasi seperti kontak, call log, sms logs, seting, dan shortcuts untuk disimpan pada SD card atau ada media penyimpanan online. Aplikasi ini juga dilengkapi penjadwalan Back up untuk memudahkan Anda mem-backup secara frekuen.
     
3.      DroidAnalytics
DroidAnalitics berfungsi untuk menganalisis performa suatu situs dan  yang lain. Jika Anda salah satu anggota Google Analytics, Anda akan membutuhkan ini.

4.      Amazon Kindle
Aplikasi ini digunakan untuk mengakses buku-buku online, e-book secara gratis.

5.      Speed Test
Aplikasi ini digunakan untuk melihat bandwidth Android Anda pada berbagai tempat yang meliputi sinyal 3G atau kualitas Wi-Fi. Ada banyak aplikasi pilhan untuk kategori ini, sepertinya Speedtest tetap yang terbaik.

6.      Astro File Manager
Apa yang menyenangkan tentang Android bagi saya adalah adanya ijin akses ke sistem Android itu sendiri. Bila Anda juga suka mengutak-atik, Astro memudahkan Anda untuk menjelajahi sistem.

7.      Gist
Tentunya Anda memiliki banyak daftar kontak yang terletak di beberapa tempat seperti komputer, handphone, da nmedia penyimpanan yang lain. Gist mampu merangkum dan menyimpannya secara online.

8.      TED Air
Ingin mendapatkan sumber inspirasi ? TED Air akan menyajikan hasil pemikiran beberapa kelompok paling berpengaruh di dunia. Versi Video singkat juga tersedia dalam aplikasi ini.

9.      Pandora
Pandora berfungsi sebagai Radio dalam Android Anda, perbedaannya sumbernya dari internet. Terdapat banyak chanel di dalamnya termasuk untuk musik. Pilihlah artis atau lagu yang Anda cari dan Pandora akan membuat playlist untuk Anda.

10.  Shazam
Shazam menurut saya termasuk aplikasi cerdas yang mantabb. Misalkan Anda sedang berjalan-jalan di toko atau sedang mendengar musik di radio dan penasaran siapa artis dan apa judul lagu itu, nyalakan Shazam dan biarkan aplikasi itu “mendengarkan” kurang lebih 15 detik dan Anda akan mendapatkan hasil yang 80% akurat.

11.  Advanced Task Killer (berbayar)

Inilah yang saya rasa perlu dimiliki. Beberapa aplikasi berjalan di latar (background) sehingga Anda tidak mengetahui prosesnya, itu bagus, tapi hal ini tentunya akan mengurangi daya baterai selain memori yang digunakan. Mirip Task Manager pada Windows, Advanced Task Killer mampu menghentikan proses aplikasi yang tidak Anda perlukan dengan sekali klik.     

12.  Google Sky Map
Lagi-lagi dari aplikasi cerdas Google, prinsipnya dengan aplikasi ini Anda tidak akan kehabisan cerita mengenai rasi bintang, planet atau hal lain di planet untuk diceritakan pada anak atau rekan Anda.

Photoshop tentu saja Anda sudah mendengar sebagai foto editor terbaik pada PC. Versi mobilenya juga tidak mengubah reputasi itu. Pada versi mobile beberapa fitur memang ditiadakan untuk mendukung performanya pada Smartphone Anda.

 

14.  Google Docs

Anda dapat bekerja dengan File Microsoft Office untuk mengedit ataupun mengupload pada Google Docs repository dengan aplikasi Google Docs. Sayangnya semua file selalu dibuka melalui browser bukan aplikasi itu sendiri, tapi juga memiliki nilai lebih dengan tampilan yang lebih halus.

 

15.  Google+

Google+ terhitung masih baru di dunia PC online namun kemampuannya bisa dikatakan melebihi Twitter dan beberapa aplikasi lain karena keinteraktifannya. Versi mobile juga tak kalah performa maupun tampilannya. Silahkan mencoba. 


Daftar tersebut adalah daftar 15 aplikasi terbaik untuk Android Anda, kenapa bukan yang paling sering didownload? Jika Anda melihat daftarnya, yang paling sering didownload adalah games wah wah wah ….ternyata Games masih merupakan penyedot utama.

No comments:

Post a Comment